Monday, February 4, 2013

0 Harga Daging Indonesia Termahal di ASEAN




Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengungkapkan bahwa harga daging sapi di Indonesia merupakan yang termahal dibanding negara Asia Tenggara lainnya.

"Kami memang tidak bisa mengatakan kalau harga daging kita itu normal, karena harga daging di Indonesia malah dua kali lipat lebih mahal dari negara-negara tetangga," ujar Wakil Menteri Perdagangan, Bayu Krisnamurthi, dalam jumpa pers Kinerja Perdangangan Januari 2013, di Gedung Kemendag, Jakarta, Senin 4 Februari 2013.

Bayu menjelaskan, di negara-negara ASEAN seperti Singapura, Malaysia, bahkan di Australia, kisaran harga daging untuk tingkat konsumen hanya sekitar US$4-5 per kilogram. Sedangkan di Indonesia, saat ini saja harga daging di Indonesia mencapai Rp95 ribu per kilogram.

"Jadi, jika dikonversi menjadi dolar mencapai US$9,5 per kilogam dengan asumsi satu dolar senilai Rp10 ribu," ujarnya.

Penyebab mahalnya harga daging, menurut Bayu, adalah ketidakseimbangan antara permintaan dan suplai. Permintaan terhadap daging dari kota-kota besar di berbagai daerah Nusantara sangat tinggi, sedangkan pasokan dalam negeri langka. "Ditambah kuota impor daging sapi (bakalan maupun beku) kini dibatasi hanya 80 ribu ton atau berkurang lima ribu ton dari tahun lalu," tuturnya.

Meski begitu, dia mengatakan bahwa harga daging sapi yang tinggi ini dapat menjadi keuntungan bagi para petani atau peternak lokal. Kemendag pun mengharapkan, ini sekaligus mendorong peternak untuk lebih agresif menjual sapinya dengan harga tinggi.

"Untuk daging sapi hidup per kilonya pada bulan lalu hanya Rp20-25 ribu, namun kini mencapai Rp30-35 ribu," jelas Bayu.

Sumber: http://bisnis.news.viva.co.id/news/read/387582-kemendag--harga-daging-ri-termahal-di-asean

Orang yg bijak selalu meninggalkan komentar dibawah ini... ^-^ Terimakasih. Salam Indonesia.


0 comments:

Post a Comment

 

TOP 10 NEWS WORLD Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates